16 Oktober 2021   08:15 WIB

Penyerahan Sarana BKB KIT STUNTING

Penyerahan Sarana BKB KIT STUNTING

Penyerahan Sarana BKB KIT STUNTING

Bina Keluarga Balita adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader. Dikembangkannya kelompok tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan orang tua dalam pengasuhan anak balita, melihat dari tujuan kelompok kegiatan itu dapat juga dijadikan sebagai media mencegah stunting.

Dalam upaya pencegahan stunting, selain program Keluarga Berencana (KB) BKKBN memiliki program lainnya yaitu kelompok Bina Keluarga Balita atau BKB. Kader BKB adalah anggota masyarakat yang bekerja secara sukarela dalam membina dan menyuluh orang tua balita tentang bagaimana mengasuh anak secara baik dan benar. Kelompok BKB umumnya terdiri dari keluarga muda dengan anggota yang mempunyai anak batita atau anak balita. Program KB lebih mengupayakan pengaturan jarak kehamilan, BKB menyasar dalam peningkatan pengetahuan serta keterampilan dalam mengasuh anak. Dalam BKB, pemerintah mengajak orangtua untuk meningkatkan kualitas anak dalam rangka pembangunan keluarga.

Penting bagi tiap orangtua terutama yang baru memiliki anak pertama untuk mengikuti kelompok BKB, karena kegiatannya bertujuan untuk membantu mengatasi masalah dalam tumbuh kembang anak. Sehingga nantinya anak akan memiliki sikap yang positif dan berguna bagi keluarga.

Sejalan dengan program BKB yang sangat penting, pemerintah melalui program tersebut juga memprioritaskan Penanganan dan Pencegahan Stunting. Sehingga atas dasar hal tersebut BKKBN Pusat memberikan kegiatan Penyediaan BKB KIT STUNTING melalui Dana Alokasi Khusus Fisik Subbidang Keluarga Berencana. Untuk Tahun Anggaran 2021 telah diadakan BKB KIT STUNTING sebanyak 7 paket yang peruntukannya diberikan kepada Kelompok BKB lokasi Prioritas Penanganan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Blora, dan salah satu kelompok BKB penerima antara lain :

  • Kelompok BKB Melati Asih I Desa Bajo Kecamatan Kedungtuban.
  • Kelompok BKB Kartini Desa Galuk Kecamatan Kedungtuban.

 

Kedungtuban, 28 September 2021.


Info